UNIVERSITAS TADULAKO

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

   
 

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) adalah salah satu fakultas di lingkungan Universitas Tadulako. Fakultas ini sebelumnya merupakan salah satu fakultas pada Universitas Tadulako denganstatus “TERDAFTAR” berdasarkanSurat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 94/B-SWT/P/64 tanggal 12 September 1964 dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Hayat dan Pendidikan. Dalam perkembangan selanjutnya, Universitas Tadulako terpecah menjadi dua Perguruan Tinggi yang masing-masing berstatus cabang, yakni Universitas Tadulako Cabang Universitas Hasanuddin, berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) Nomor 1 Tahun 1966 tanggal 1 Januari 1966 dan IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Makassar Cabang Palu berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) Nomor 2 Tahun 1966 tanggal 1 Januari 1966. IKIP itulah kemudian diproses menjadi FKIP. 
 

IKIP Makassar Cabang Palu terdiri dari tiga fakultas, yakni:

1. Fakultas Pendidikan dengan jurusan :

  1. Pendidikan Sosial
  2. Didaktik Kurikulum

2. Fakultas Keguruan Sastra dan Seni, dengan jurusan :

  1. Pendidikan Bahasa dan Seni
  2. Pendidikan Bahasa Inggris

3. Fakultas Keguruan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dengan jurusan :

  1. Pendidikan Matematika
  2. Pendidikan Biologi

Setelah melalui perjalanan dan perjuangan yang panjang selama 15 tahun, dengan dukungan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan), pihak Universitas Tadulako Cabang UNHAS dan IKIP Ujung Pandang (dulu dengan nama Makassar) Cabang Palu secara sendiri-sendiri telah melakukan berbagai upaya penataan akademik, administrasi, dan penyediaan prasarana dan sarana yang dibutuhkan dalam mengefektifkan upaya mewujudkan satu universitas negeri yang berdiri sendiri. Mereka pada 1981 atas fasilitasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Pemerintah Daerah Propinsi Sulawesi Tengah membentuk Koordinator PTST (Perguruan Tinggi Sulawesi Tengah) yang diketuai oleh Gubernur Sulawesi Tengah dengan enam orang wakil ketua yang berasal dari Universitas Tadulako cabang UNHAS sebanyak tiga orang dan IKIP Ujung Pandang Cabang Palu sebanyak tiga orang.

Dengan kerja Koordinator PTST itu dan atas dukungan masyarakat Sulawesi Tengah, Pemerintah Daerah, Rektor UNHAS, Rektor IKIP Ujung Pandang serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, akhirnya status cabang kedua lembaga pendidikan tinggi tersebut ditingkatkan menjadi Universitas Negeri yang berdiri sendiri, dengan nama UNIVERSITAS TADULAKO yang disingkat UNTAD sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 36 Tahun 1981 tanggal 14 Agustus 1981.

Berdasarkan Keputusan Presiden itu UNTAD terdiri dari lima fakultas: 1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; 2) Fakultas Ekonomi; 3) Fakultas Pertanian; 4) Fakultas Hukum; dan 5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) pada saat itu terdiri dari empat jurusan dan delapan program studi.

Dalam perkembangan selanjutnya sampai saat ini, FKIP UNTAD telah memiliki empat jurusan dan 13 program studi, yakni:

1. Jurusan Ilmu Pendidikan, dengan program studi :

  1. Bimbingan dan Konseling
  2. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  3. Pendidikan Guru - Pendidikan Anak Usia Dini - Taman Kanak-Kanak

2. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, dengan program studi :

  1. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
  2. Pendidikan Bahasa Inggris

3. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dengan program studi :

  1. Pendidikan Biologi
  2. Pendidikan Matematika
  3. Pendidikan Fisika
  4. Pendidikan Kimia

4. Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, dengan program studi :

  1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Pendidikan Sejarah
  3. Pendidikan Geografi
 
Alamat
Kampus Bumi Tadulako Tondo
Jl. Soekarno Hatta Km. 9, Mantikulore
Telp : +62-451-422-611
Voip : 1000
E-mail : fkip@untad.ac.id
Website:fkip.untad.ac.id