Fakultas Ekonomi

 

Dalam perspektif historis, keberadaan Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako bermula dari sebuah Fakultas Ekonomi yang bernaung di bawah Universitas Tadulako Berstatus Swasta. Universitas ini didirikan oleh sejumlah tokoh masyarakat di Sulawesi Tengah pada Tanggal 8 Mei 1963. Dalam perkembangan selanjutnya, Universitas tersebut mendapatkan Status Terdaftar berdasarkan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor: 94/B-SWT/P/1964 tertanggal 12 September 1964, dan kemudian resmi menjadi Universitas Tadulako Cabang Universitas Hasanuddin dengan 4 fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi, Sosial Politik, Hukum dan Fakultas Peternakan, berdasarkan SK Menteri PTIP Nomor 2 Tahun 1966 tertanggal 1 Januari 1966.

 

Keterlibatan Fakultas Ekonomi dalam membangun Universitas Tadulako menuju ke sebuah Universitas yang berdiri sendiri menghadapi berbagai persoalan yang demikian komplek dan dinamik, suka bercampur duka yang merupakan pendorong semangat kebersamaan terus dikibarkan oleh para pimpinan Fakultas Ekonomi pada saat itu. Kerja keras tanpa mengenal lelah dari mereka telah mengubah suasana Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako menjadi lebih dinamik, sehingga mengantar segenap garba ilmiah bekerja lebih profesional dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar.

Buah dari hasil kerja keras itu ditunjukkan oleh perkembangan jumlah mahasiswa yang terus meningkat bersamaan dengan meningkatnya jumlah dan mutu staf akademik dan staf administrasi, sehingga Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako semakin dekat dihati masyarakat dan dikenal di daerah Propinsi Sulawesi Tengah.

Setelah lima belas tahun berjuang membangun sebuah lembaga pendidikan tinggi negeri dengan status cabang Universitas Hasanuddin, maka tepat pada Tanggal 18 Agustus 1981 Universitas Tadulako resmi menjadi Universitas Negeri yang berdiri sendiri di Propinsi Sulawesi Tengah dengan berdasar pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 1981.

Dalam periode waktu tersebut, praktis Fakultas Ekonomi telah mengalami tiga kali perubahan status yaitu :

  1. Status Swasta (1963 -1966)

  2. Status Cabang Universitas Hasanuddin (1966-1981)

  3. Status Negeri (berdiri sendiri 18 Agustus 1981 sampai sekarang).

Jurusan/Program Studi :

Fakultas Ekonomi menaungi 3 jurusan yaitu :

  1. Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
  2. Jurusan Ekonomi Manajemen
  3. Jurusan Ekonomi Akuntansi

Visi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako

FAKULTAS EKONOMI TAHUN 2020 UNGGUL DALAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DENGAN BERBASIS PADA PENELITIAN DAN PENDIDIKAN EKONOMI DI KAWASAN TIMUR INDONESIA

Misi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako 

  1. Membina dan mengembangkan kegiatan akademik yang dinamis.
  2. Meningkatkan mutu luaran pendidikan melalui pengembangan profesionalisme staf pengajar.
  3.  Memperluas dan memperdalam penelitian, khususnya yang berbasis sumberdaya lokal.
  4. Pemanfaatan hasil-hasil penelitian bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  5. Membangun dan mengembangkan jaringan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pemangku kepentingan (Stakeholders).
 
Alamat:
Kampus Bumi Tadulako Tondo 
Jl. Soekarno Hatta Km. 9, Mantikulore
Palu - Sulawesi Tengah 94118 
Telp : +62-451-422-611
Voip : 3000
email: info@fekon.untad.ac.id
Website : http://fekon.untad.ac.id/